Memulai pemrogramman delphi

       
          Dari Artikel berikut ini saya akan membahas dasar-dasar dari pemrogramman delphi. Kebetulan artikel ini saya tulis buat pak guru fisika saya yang mau belajar dan bekerja dengan bahasa pemrogramman delphi. Baik sekarang langsung saja 'kita Petik sebuah mangga yang muda tapi sangat bermanfaat ketika kita membaginya ke orang lain'(Kata-kata ngawur). Ok langsung ke TKP. 
                                                     
-- Komentar
        Komentar adalah alat yang dipakai untuk memberi penjelasan atau keterangan dalam sebuah baris program. Ada Tiga alat atau tanda yang sering digunakan dalam menulis sebuah keterangan atau penjelasan.
1. Kurung kurawal                   = {Komentar Program}
2.Kurung Bintang                    = (*Komentar Program*)
3. Slash Ganda                       = // Komentar Program
Oh ya komentar dengan tanda kurung kurawal dan kurung bintang menggunakan tanda pembuka dan tanda penutup sehingga teks atau kalimat yang berupa komentar adalah teks atau kalimat yang ada diantara kurung pembuka dan penutup. Sedangkan Slash Ganda tidak memiliki tanda penutup sengga teks atau kalimat yang dianggap komentar harus berada di belakang tanda.


-- Variabel
       Setiap kita menulis program yang kompleks Kita pasti berhubungan dengan yang namanya variabel. Secara garis besar variabel berfungsi untuk menyimpan data. Sebagai contoh

var a : string ;
      b: Integer ;

oh ya sebelum kita melanjutkan artikel ini anda pasti bertanya-tanya apa sih string, integer, real dsb. Integer, string ataupun real adalah tipe data yang sering dan harus kita gunakan dalam sebuah program. Mungkin mengenai type data saya akan membahasnya lain pertemuan dan mari kita lanjut dengan pembahasan semula.
Contoh variabel a dan b yang masing - masing bertype string dan integer. Tapi kita juga bisa menuliskan beberapa variabel dengan tipe yang sama. sebagai contoh :

var a,b,c : string ;
      m,n,o : integer ;

dari contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa variabel a,b dan c memiliki type data yang sama yaitu type data string begitu juga dengan variabe m,n dan o juga memiliki type data yang sama yaitu integer. Oh yaw mungkin artikel dasar ini saya sudahi sampai disi dulu dan lain pertemuan saya akan membahas kelanjutan dari artikel yang berjudul Memulai pemrogramman delphi ini. Bersambung

0 comments:

Post a Comment